Tim Pembuat Liturgi

Kata Liturgi berasal dari bahasa Yunani: leitourgia. Asal katanya laos (=rakyat) dan ergon (= pekerjaan). Jadi, liturgi adalah pekerjaan publik atau pekerjaan yang dilakukan oleh rakyat atau umat secara bersama-sama.

Tim Pembuat Liturgi relatif baru di GPBB, dibentuk tahun 2011. Awalnya, liturgi disusun oleh pengerja dan orang yang khusus studi dan menekuni bidang ibadah. Tim ini dibentuk untuk membuka kesempatan pelayanan bagi jemaat yang memiliki talenta dan minat di bidang peribadahan. Personil tim dibekali dengan pemahaman ibadah dari para pengerja

Dalam konteks ibadah Kristen, liturgi adalah kegiatan peribadahan di mana seluruh jemaat terlibat secara aktif dalam pekerjaan bersama untuk menyembah dan memuliakan Tuhan. Dengan pengertian ini, dapat dikatakan bahwa “liturgi” adalah “ibadah.” Setiap ibadah Kristen (apapun denominasinya) harusnya bersifat liturgis; artinya melibatkan setiap orang yang hadir di dalamnya. Dari sini muncullah apa yang disebut dengan tata ibadah, yang fungsi-nya mengatur kapan giliran setiap orang yang hadir dalam ibadah berpartisipasi dan bagaimana bentuk partisipasinya. Tata ibadah inilah yang sering kita sebut liturgi dalam arti sempit.

Tim Pembuat Liturgi GPBB  berada di bawah Bidang Ibadah dan Persekutuan. Tugas utamanya adalah menyusun liturgi untuk kebaktian setiap minggu dan juga menyiapkan liturgi khusus untuk acara-acara tertentu di GPBB, seperti minggu-minggu Adven, Pra Paskah, Natal, Jumat Agung, Paskah Subuh, bulan Misi, bulan Keluarga, HUT GPBB, dan Pentakosta.